Bagaimana cara mendapatkan manfaat maksimum dari Gurupurnima

Setiap Pencari Tuhan YME (Seeker) mungkin pernah mendapat pengalaman/merasakan Tuhan membimbing mereka pada beberapa situasi dalam perjalanan spiritual mereka. Aspek Tuhan yang membimbing para Seeker ini adalah Prinsip Tuhan, yang juga dikenal sebagai Prinsip Guru. Prinsip ini menjadikan Seeker melakukan latihan spiritual dan Tuhan membimbing setiap langkah perjalanan dari seeker tersebut. Inilah sebabnya mengapa Prinsip Guru sangat penting bagi seorang Seeker. Secara alami, seorang Seeker  merasakan rasa syukur yang tulus kepada Prinsip Guru atas semua bimbingan dalam kehidupan para Seeker tersebut. Walaupun setiap hari adalah hari yang baik untuk bersyukur kepada Prinsip Guru, akan tetapi ada satu hari, yang sangat penting yang disebut Gurupurnima. Hal ini disebabkan karena pada periode hari ini, Prinsip Guru di alam semesta 1000 kali lebih aktif.

Hal ini berarti bahwa jika seseorang menjaga perspektif yang benar dan melakukan upaya yang benar, maka ia dapat memperoleh manfaat besar pada tingkat spiritual selama periode menjelang hari Gurupurnima dan pada hari Gurupurnima. Tahun ini hari Gurupurnima jatuh  pada tanggal 3 Juli. Berikut adalah beberapa cara agar bisa mendapat manfaat dari peningkatan aktivitas Prinsip Guru selama periode ini.

Mempertahankan sikap belajar

Terkadang kita menghadapi situasi dalam kehidupan yang menantang kita dengan berbagai cara. Dengan mempertahankan sikap belajar terhadap semua situasi kehidupan, kita menyelaraskan diri kita dengan Prinsip Guru dan dapat memetik hikmah dari apa yang ditunjukkannya kepada kita. Ada pepatah yang mengatakan, “situasinya sendiri adalah Guru”, maka kita dapat menjaga emosi spiritual (bhāv) bahwa setiap situasi yang kita hadapi diberikan oleh Tuhan sebagai pembelajaran. Kita dapat bertanya kepada Tuhan apa yang Dia ajarkan kepada kita dalam setiap kejadian.

Meningkatkan rasa syukur atas apa yang diberikan Tuhan

Tuhan telah menciptakan seluruh Alam Semesta. Dia telah memberi kita kehidupan ini dan mendukung kita setiap saat. Dia menyediakan apa yang kita butuhkan sehingga kita dapat fokus pada latihan spiritual. Namun, sebagian besar waktu kita tidak dapat menjaga kesadaran ini. Peningkatan upaya-upaya untuk bersyukur kepada Tuhan membantu mengembangkan dan mempertahankan emosi spiritual dari rasa syukur, yang memungkinkan kita untuk membuat kemajuan spiritual yang cepat.

Peningkatan upaya dalam latihan spiritual secara kuantitatif dan kualitatif

Periode menjelang hari Gurupurnima sangat kondusif untuk pertumbuhan spiritual. Dengan melakukan lebih banyak upaya dalam latihan spiritual, kita dapat menarik lebih banyak Prinsip Guru kepada kita dan memperoleh manfaat maksimal. Kita dapat meningkatkan upaya kita, baik secara kuantitatif maupun kualitatif. Peningkatan upaya secara kuantitatif seperti meningkatkan waktu chanting, melakukan lebih banyak Pembersihan Sifat Buruk (Personality Defect Removal), menghabiskan lebih banyak waktu melakukan pelayanan kepada Kebenaran Absolut (satsēvā), dll. Peningkatan upaya-upaya secara kualitatif seperti chanting dengan emosi spiritual, melakukan upaya-upaya untuk melaksanakan satseva dengan konsentrasi dan secara sempurna dengan sedikit kesalahan, introspeksi mendalam pada kesalahan-kesalahan kita sehingga kita dapat memperbaiki diri, dll.

Mempersembahkan apa yang kita miliki kepada Tuhan

Tuhan siap memberi kita segalanya, tetapi bagaimana kita bisa memenuhi syarat untuk menerima apa yang Dia berikan? Dengan mempersembahkan apa pun yang kita miliki kepada Tuhan, kita menciptakan di dalam diri kita ruang untuk menerima karunia-Nya. Kita dapat mempersembahkan pikiran kita kepada Tuhan dengan chanting dan melakukan Penghapusan kekurangan Kepribadian (PDR) dengan tulus. Kita dapat mempersembahkan tubuh dan kecerdasan kita melalui berbagai satseva. Kita dapat mempersembahkan kekayaan yang kita miliki dengan mendonasikan kepada para Orang Suci atau organisasi spiritual yang didedikasikan untuk menyebarkan Spiritualitas berdasarkan prinsip-prinsip Universal. SSRF menyediakan berbagai cara  bagi Seeker yang berminat untuk mempersembahkan tubuh, pikiran, kecerdasan atau kekayaan mereka. Dari semua ini, mempersembahkan kekayaan adalah yang termudah, tetapi seseorang akan menerima manfaat paling banyak jika seseorang memberi persembahan di semua tingkatan sebanyak mungkin.

Kami berharap Anda meningkatkan latihan spiritual selama periode hari Guru Purnima yang Bahagia ini!

Apakah Anda ingin mendukung penyebaran Spiritualitas di seluruh dunia ? Silakan klik gambar berikut.