Pencegahan pikiran negatif – Teknik autosugesti C1

1. Pengantar Autosugesti tipe C1.

Pada tahun 2005, National Science Foundation menerbitkan sebuah artikel penelitian tentang jumlah pemikiran yang dimiliki orang per hari. Diperkirakan bahwa rata-rata orang memiliki sekitar 12.000 hingga 60.000 pikiran per hari. Dari itu, 80% adalah negatif dan 95% adalah pikiran berulang yang sama persis seperti hari sebelumnya dan 80% di antaranya adalah negatif. (nsf.gov, 2005, sebagaimana dikutip dalam Antanaityte, tlexinstitute.com)

Berdasarkan penelitian ini, persentase pikiran negatif mengkhawatirkan dan juga merupakan indikasi mengapa  saat ini dunia berada dalam keadaan negatif. Ini karena di balik setiap tindakan yang salah ada pemikiran salah yang muncul dari kekurangan kepribadian dan ego. Pikiran negatif seperti itu mempengaruhi tindakan, hubungan, pandangan dunia , dan juga lingkungan kita. Selain itu, energi negatif memperbesar efek negatif dari pikiran negatif pada masyarakat. Merujuk pada penelitian spiritual tentang tanah dan air, yang merupakan indikasi dari negativitas dalam masyarakat.

pikiran kita seperti zebracross yang sibuk , mirip seperti Zebracross Shibuya di Tokyo, Jepang

Dengan jumlah pemiikiran tersebut diatas yang melewati pikiran setiap orang, pikiran kita seperti zebracross yang sibuk, mirip seperti Zebracross Shibuya di Tokyo, Jepang (foto sebelah kiri). Pikiran kita mirip dengan jutaan orang yang secara acak datang dan pergi melewati persimpangan.

Sulit untuk menangkap atau menunjuk pada salah satu dari pikiran  yang  melintas dengan kecepatan tinggi di benak kita. Ketika kita perlu berkonsentrasi pada tugas penting yang kita hadapi, apakah kita sadar akan sejumlah pemikiran yang terus menarik perhatian dan mengganggu kita. Kita juga menjadi sangat sadar akan pikiran-pikiran kita ketika pemikiran tersebut berulang-ulang datang karena beberapa situasi yang membuat kita tertekan, kita menjadi putus asa dan bertanya-tanya kapan semua itu akan berakhir.

Umum diketahui bahwa pikiran dan emosi negatif  sepanjang hari  tak henti –hentinya mengambil energi kita, terutama ketika terjadi berulang,  bisa sangat menguras tenaga dan sangat melelahkan.

Apa yang tidak begitu umum dipahami adalah bahwa semua pikiran dan perasaan kita, termasuk yang negatif, berasal dari impresi yang ada dalam pikiran bawah sadar kita, yang memberikan kepribadian unik kita masing – masing. Impresi yang mengakar kuat dalam pikiran kita, telah dibentuk dan diakumulasikan melalui banyak kehidupan. Impresi tersebut terus-menerus mengirimkan impuls ke pikiran sadar dalam bentuk pikiran – pikiran. Bagi kebanyakan dari kita, impuls-impuls ini tiada hentinya seperti gelombang laut yang terus datang ke pantai.

Dalam seri artikel tentang Autosugesti, kami telah membahas berbagai teknik yang dapat membantu kita untuk secara proaktif menghapuskan impresi kekurangan kepribadian  yang merugikan dalam pikiran bawah sadar kita. Namun, teknik Autosugesti C1 mengambil pendekatan yang berbeda, dengan mencoba mencegah pikiran negatif mencapai pikiran sadar, tetapi tidak menghilangkan impresi  negatif. Dalam artikel ini, kami menjelaskan bagaimana mencegah pikiran dan cara menggunakan teknik penyembuhan pikiran yang kuat ini.

2. Definisi Teknik Autosugesti C1

Teknik Autosugesti C1 juga dikenal sebagai ‘Teknik chanting atau menyebut nama Tuhan berulang‘. Ini digunakan untuk mencegah atau menghalangi pikiran negatif memasuki pikiran sadar. Teknik ini menggunakan chanting Nama Tuhan berulang untuk mencegah pemikiran negatif. Nama Tuhan memiliki energi positif luar biasa yang berhubungan dengan Nya, yang dapat membantu menghilangkan pikiran negatif. Ketika digunakan selama periode waktu tertentu, teknik ini membantu menciptakan ‘Pusat chanting’ yang positif di pikiran bawah sadar, dimana terus-menerus melepaskan impuls positif ke arah pikiran sadar.

Ketika seseorang mengucapkan nama Tuhan dengan penuh konsentrasi, hanya impuls dari pengucapan nama Tuhan yang masuk ke pikiran sadar karena itu adalah dorongan yang paling kuat. Semua impuls negatif lainnya berkurang dibandingkan dengan impuls yang dihasilkan dari chanting, sehingga kehilangan kekuatan mereka untuk memasuki pikiran sadar. Oleh karena itu, dengan chanting, seseorang dapat mencegah pikiran atau emosi negatif memasuki pikirannya.

Untuk memberi Anda contoh bagaimana cara kerjanya, katakanlah kita memiliki seutas tali. Jika kita  meletakkan tali yang lebih panjang di sebelahnya, maka tali  semula akan tidak berarti. Demikian juga, ketika ‘Pusat Chanting menjadi lebih menonjol, secara bersamaan pengaruh impresi – impresi lainnya terhadap pikiran sadar  menjadi yang lebih rendah. Jadi, dengan mempraktikkan teknik autosugesti C1 secara teratur dan meningkatkan chanting seseorang, pikiran bawah sadar menjadi lebih murni secara spiritual dan lebih mudah untuk mengatasi impresi kekurangan kepribadian. Autosugesti C1 membantu mengurangi pikiran yang berlebih,  membantu menjaga kita tetap tenang dan terkendali.

3. Format untuk menyusun  Autosugesti tipe C1

Autosugesti C1 digunakan untuk mengarahkan pikiran ke arah positif, ketika sedang menganggur atau tidak sedang dalam suatu aktivitas yang membangun. Autosugesti menginstruksikan pikiran untuk asyik menyebut berulang Nama Tuhan atau menyebut kalimat- kalimat positif berulang.

Berikut ini adalah beberapa contoh tipe dari Autosugesti C1.

Autosugesti: ‘Setiap kali saya tidak terlibat dalam pemikiran atau percakapan yang berguna dengan siapa pun, saya akan mulai mengulangi <nama, kata atau kalimat>.’

Autosugesti: ‘Setiap kali saya tidak berbicara dengan siapa pun atau ketika saya memiliki pikiran yang tidak diinginkan, saya akan mulai chanting’.

4. Kegunaan dan manfaat Autosugesti C1

Autosugesti C1 memiliki efek yang sangat positif pada pikiran. Teknik ini bermanfaat antara lain seperti :

  • Membantu mengurangi jumlah pikiran atau perasaan yang masuk ke pikiran
  • Mencegah pikiran negatif dan berulang yang tidak diinginkan masuk ke dalam pikiran
  • Mematahkan pola pikir negatif dan memutar balikkan pikiran
  • Memunculkan pikiran secara positif
  • Lebih Menghemat energi mental dan meningkatkan toleransi terhadap stres sehingga berguna untuk semua penyakit kejiwaan.

Setiap hari ada banyak waktu ketika kita sendirian. Kita juga mungkin terlibat dalam kegiatan biasa seperti memasak, bersih-bersih, menyetir, mandi, dll. Namun, pikiran tetap aktif. Sebagian fokus pada tugas yang dihadapi, tetapi pada saat yang sama tenggelam dalam pemikiran lain yang tidak perlu. Bahkan ketika kita sedang berbicara dengan seseorang, pikiran kita dapat mengembara dan berada di tempat lain. Autosugesti C1 memudahkan chanting, dan sebagai hasilnya, menjaga pikiran berada pada saat ini.

Autosugesti C1 dapat dilakukan setiap hari bersama dengan Autosugesti lainnya.

5. Contoh tipe Autosugesti  C1 dan lainnya

Berikut ini adalah beberapa contoh lain tentang bagaimana seseorang dapat merangkai  Autosugesti C1.

  • ‘Setiap kali saya cemas, khawatir, ada pikiran mengganggu atau negatif, saya akan mulai chanting Nama Tuhan.’
  • ‘Setiap kali saya memiliki pikiran yang tidak diinginkan terkait dengan kecemasan, kekhawatiran, peristiwa yang mengganggu atau negatif, saya akan mulai chanting Nama Tuhan.

Di sini, pada bagian akhir pengucapan Nama Tuhan, kita juga dapat merangkai Autosugesti dengan cara berikut.

“Setiap kali saya memiliki pikiran cemas, khawatir, mengganggu atau negatif, saya akan menghentikannya dan saya akan mulai chanting Om Namo Bhagawate Vasudevaya.”

  • Setiap kali ada pikiran, emosi, atau tindakan yang tidak diinginkan sebagai akibat dari kekurangan kepribadian , saya akan menyadarinya dan mulai chanting.
  • Setiap kali saya terlibat dalam kegiatan yang tidak berguna, saya akan menyadarinya dan mulai chanting Nama Tuhan
  • Setiap kali saya terlibat dalam percakapan yang tidak berguna dengan siapa pun atau saya memiliki pikiran yang tidak pantas , saya akan sadar bahwa untuk membentuk impresi kualitas yang diinginkan dan memperkuatnya di pikiran bawah sadar, maka saya menghilangkan impresi kekurangan kepribadian, chanting nama Tuhan sangat bermanfaat. Jadi, saya akan mulai chanting ‘Om Namo Bhagawate Vasudevaya’.

Kita dapat membuat sedikit variasi dalam Autosugesti dengan mengganti kalimat chanting Nama Tuhan dibagian terakhir Autosugesti dengan menggunakan kalimat positif untuk mengakhiri Autosugesti. Contoh Autosugesti tersebut seperti di bawah ini.

  • ‘Setiap kali saya berpikir tentang peristiwa masa lalu yang membuat saya sedih, saya akan mengulangi kalimat “”saya saat ini ada di masa sekarang, saya puas dan tenang’
  • “Setiap kali saya memiliki pikiran yang tidak diinginkan, yang membuat saya cemas, saya akan mengulangi kalimat “”saya santai, ceria dan tenang”.

Direkomendasikan bahwa untuk Autosugesti C1, ketika menginstruksikan pikiran untuk mengulangi sesuatu, yang terbaik adalah chanting Nama Tuhan. Ketika mengulang kalimat positif, seseorang memperoleh manfaat psikologis. Namun, ketika dibarengi dengan chanting Nama Tuhan, seseorang mendapat manfaat spiritual disamping manfaat psikologis dari melakukan Autosugesti,

Energi Ilahi dari Chanting Nama Tuhan mengatasi impresi negatif di pikiran bawah sadar, impresi negatif baru juga tidak terbentuk. Hal ini menyebabkan pikiran menjadi lebih stabil, stres berkurang secara keseluruhan dan kita merasa lebih tenang.

6 Bagaimana cara kerja Chanting dan mekanisme Autosugesti

Pusat dan Impresi yang terkuat dalam pikiran bawah sadar membuat pemikiran tersebut terkuat, dan pemikiran inilah yang memasuki pikiran sadar. Pada waktu tertentu, kapasitas pikiran sadar  hanya  mengizinkan 1(satu) pemikiran tunggal dan selalu merupakan pemikiran terkuat yang bisa masuk ke pikiran sadar .

Ketika kita terus chanting Nama Tuhan, impresi-impresi dan pusat-pusat lain dalam pikiran mendapat sangat sedikit perhatian. Dengan terus diabaikan, pusat-pusat ini berkurang kekuatannya dan akhirnya impresi/pusat -pusat ini tidak ada lagi.

Silakan merujuk ke ‘Bagaimana chanting mempengaruhi pikiran bawah sadar melalui metode Defleksi/pembelokan’.

7. Kesimpulan

Mengatasi impresi negatif yang telah terakumulasi selama banyak kehidupan dengan kekuatan kita sendiri adalah sulit. chanting Nama Tuhan seperti memohon bantuan Tuhan dan mengakses energi Ilahi-Nya. Akibatnya, lebih mudah untuk mengurangi kekuatan impresi negatif. Autosugesti adalah metode yang sudah dicoba dan diuji untuk mendapatkan pengalaman positif dan membawa perubahan menetap pada kepribadian kita. Autosugesti C1 menghemat energi seseorang dan memunculkan pikiran positif.