Pengalaman spiritual mencium wewangian cendana dan mengecap rasanya saat membaca artikel yang berhubungan dengan Spiritualitas

Pengalaman spiritual mencium wewangian cendana dan mengecap rasanya saat membaca artikel yang berhubungan dengan SpiritualitasSaya baru saja menjalani perawatan Āyurvēda intensif. Selama pengobatan, saya belum dapat berbicara dengan para seekers (pencari Tuhan YME) lainya dari Yayasan Penelitian Ilmu Spiritual (SSRF) dan merindukan berada dalam perkumpulan kebenaran (satsang) dengan mereka. Ketika saya merasa sedikit lebih baik, saya menyalakan komputer dan mulai membaca beberapa artikel di situs web SSRF. Membaca artikel di situs memberi saya kesempatan untuk menjaga pikiran tetap dalam spiritualitas dan merupakan salah satu jenis satsang. Ketika membaca artikel penyebab dari kesulitan-kesulitan dalam hidup, saya merasakan syukur yang luar biasa dalam diri saya atas Prinsip Pengajaran dari Tuhan YME, yaitu Guru. Saya berpikir bahwa oleh karena Guru, kita memiliki akses ke pengetahuan spiritual ini, yang melengkapi kita untuk memahami dan menghadapi situasi sulit dalam hidup.

Saat merasakan rasa bersyukur yang luar biasa ini, saya mulai mencium keharuman cendana dan juga bisa mengecap rasanya secara lembut. Tidak ada dupa yang dibakar pada saat itu dan juga tidak ada penyebab lainnya dari wewangian tersebut. Segera setelah itu air mata emosi spiritual menggenang di mata saya dan saya mengalami bentuk kebahagiaan tertinggi (superlatif) dalam diri saya yang berlangsung hampir selama setengah jam.

– Nona Maya Jairam, Colorado, USA

Pengetahuan Spiritual dibalik pengalaman ini

Kita mendapatkan pengalaman spiritual dalam hidup kita karena anugerah dari Tuhan.  Ini adalah cara Tuhan untuk meyakinkan kita bahwa kita berada di jalan yang benar, dan mendorong kita untuk bertekun dalam latihan spiritual kita. Pengalaman spiritual datang dalam berbagai bentuk dan dapat terwujud oleh pengabdian kita kepada Tuhan atau saat kita membutuhkan kehadiranNya.

Pada kasus Maya ketika dia merasakan rasa bersyukur yang luar biasa untuk Tuhan, dia dengan sadar mengakui kehadiran-Nya dalam hidupnya. Pada saat itulah Maya mencium wewangian halus dan mengecap rasa cendana. Maya merasakan wewangian dan rasa cendana tersebut melalui organ indera halus pencium dan perasa. Umumnya sebuah pengalaman spiritual rasa cukup langka. Hal itu terjadi ketika kita merasakan unsur Air absolut melalui indera keenam kita (melalui media dari organ indera halus pencium dan perasa).

Semua ini meningkatkan rasa bersyukurnya yang lalu membangkitkan emosi spiritual ( Bhav ) di dalam dirinya. Salah satu bentuk manifestasi emosi spiritual adalah berupa air mata dingin disertai dengan perasaan pengabdian (bakti) dan kedamaian.

Untuk informasi rinci tentang bagaimana kita mengalami bebauan atau rasa halus, silakan merujuk pada artikel tentang persepsi indra keenam melalui kelima organ indera halus.