Hingga generasi leluhur ke berapa kah yang paling mungkin untuk mempengaruhi kita?

IND_Effect-of-ancestors-generation

Efek leluhur berdasarkan generasinya:

  • Pengaruh atau dampak dari leluhur-leluhur kita tiga generasi sebelumnya adalah yang paling besar, dalam hal ini hingga generasi kakek-nenek buyut kita.
  • Leluhur-leluhur kita hingga tujuh generasi sebelumnya memiliki pengaruh yang cukup besar.
  • Leluhur-leluhur kita di atas generasi ketujuh tidak banyak mempengaruhi kita. Hal tersebut dikarenakan akun/ perhitungan memberi-dan-menerima (karma) yang kita miliki dengan leluhur di atas generasi ke tujuh telah tuntas atau sebagian besar telah dituntaskan dalam satu kelahiran. Oleh sebab itu, dalam kelahiran berikutnya, perhitungan memberi dan menerima dengan leluhur-leluhur tersebut di kelahiran saat ini menjadi tidak berarti atau tidak ada sama sekali. Jika perhitungan memberi-dan-menerima yang tersisa cukup besar, maka kita dilahirkan kembali di dalam keluarga yang sama.
  • Poin-poin di atas berhubungan dengan seberapa jauh kita dipengaruhi oleh garis keturunan kita (dalam hal ini silsilah keluarga secara vertikal). Jika kita melihat secara horisontal (atau ke samping), maka kita dipengaruhi oleh leluhur hingga sepupu kedua kita.

Mohon dicatat: Teman dekat tidak dapat mempengaruhi atau menyebabkan ketidaknyamanan/ penderitaan seperti halnya para leluhur. Mereka dapat mencoba untuk membantu jika memiliki tingkat pencapaian spiritual yang lebih tinggi, tetapi kita tidak seharusnya menerimanya. Hal ini dikarenakan hal tersebut akan meningkatkan kemelekatan mereka terhadap hal-hal duniawi dan membuat mereka terikat di Bumi. Akibatnya, hal tersebut dapat menyebabkan hambatan dalam perjalanan mereka selanjutnya. Kita justru seharusnya berdoa agar mereka berkonsentrasi pada perjalanan spiritual mereka selanjutnya.

Shri Gurudev Datta chant
Catatan: Untuk mengunduh file audio, klik kanan pada gambar dan klik “Save link as / Save target as”

Shri Gurudev Datta gambar foto