Akar penyebab dari kesulitan-kesulitan dalam kehidupan kita

Untuk mengatasi sebuah kesulitan sepenuhnya, kita harus terlebih dahulu dengan tepat memahami akar penyebab nya. Hanya ketika diagnosis yang benar dan lengkap telah dibuat, dengan pergi ke akar dari kesulitan tersebut, barulah solusi yang tepat bisa diberikan.

Ilmu pengetahuan modern mengkaitkan penyebab dari suatu permasalahan sebagai baik fisik atau psikologis. Oleh sebab itu kita pergi mencari penyebab dan solusinya hanya di kedua daerah ini.

Sebagai contoh:

  • Gatal dipahami sebagai gangguan fisik dan ditangani sesuai hal tersebut dengan obat-obatan fisik/ medis.
  • Penyalahgunaan narkotika dipahami sebagai permasalahan psikologis dan ditangani terutama dengan psikoterapi.

Tetapi ada penyebab ketiga dari kesulitan – kesulitan kita dalam kehidupan dan hal itu adalah Spiritual. Akar penyebab spiritual dari kesulitan-kesulitan kenyataanya mempengaruhi sebagian besar kehidupan kita. Tapi penyebab spiritual tidaklah mudah dipahami, karena mereka berada di luar pemahaman ilmu-ilmu pengetahuan modern. Bahkan, Organisasi Kesehatan Dunia – World Health Organization (WHO) telah menyarankan dalam sebuah penjabaran dari definisi mereka untuk kesehatan sebagai ‘berada dalam keadaan kesehatan yang positif dalam dimensi fisik, mental, sosial dan spiritual. ” Dengan demikian secara resmi telah dipastikan bahwa kesehjateraan spiritual juga merupakan komponen yang memberikan kontribusi bagi kesehatan kita. Namun penelitian spiritual yang dilakukan oleh SSRF mengungkapkan sejauh mana sebenarnya faktor spiritual berkontribusi terhadap total kesejahteraan kita.

Melalui penelitian spiritual, kita telah memastikan perinciannya, rata-rata, antara 3 akar penyebab yang bertanggung jawab atas permasalahan-permasalahan dalam kehidupan kita. Diagram longkaran di bawah ini memberikan perincian rata-rata dari akar penyebab permasalahan dan kesulitan dalam kehidupan kita.

1-IND_Root-cause

Seperti yang dapat anda lihat dari diagram lingkaran, hingga 80% dari permasalahan kita memiliki akar penyebab di alam spiritual.

Jenis permasalahan-permasalahan ini hanya dapat diatasi dengan cara-cara spiritual, baik melalui

  • Latihan spiritual yang membantu untuk membangun energi spiritual kita secara keseluruhan untuk melawan atau melindungi dari permasalahan ini atau
  • Suatu solusi terapi spiritual tertentu yang dilakukan untuk mengatasi gejala spesifik yang disebabkan oleh beberapa faktor di alam spiritual.

Dengan cara ini, permasalahan-permasalahan yang memiliki akar penyebab di alam spiritual dapat diselesaikan atau kita mendapatkan kekuatan untuk menahannya.

Penting untuk dicatat bahwa setiap gejala fisik tertentu dapat memiliki proporsi akar penyebab dalam dimensi fisik, psikologis atau spiritual dan mereka tidak saling berdiri sendiri. Dalam istilah sederhana, gejala fisik bisa memiliki faktor-faktor dari bukan hanya dimensi fisik saja, tetapi bisa menjadi kombinasi antara faktor fisik dan spiritual atau bahkan fisik, spiritual dan psikologis.

Sebagai contoh, diagram di bawah ini menunjukkan bagaimana seorang wanita yang mengalami sakit parah di perut dan akar penyebabnya terletak di ke-tiga dimensi.

2-IND_Stomach-pain

Lihat juga artikel ‘Pengantar pada akar penyebab spiritual dari masalah hidup