Mempersembahkan kepada Tuhan sesuai bakat atau kapasitas anda

Mempersembahkan kepada Tuhan sesuai bakat atau kapasitas anda

Kita semua mempunyai sejumlah sumber daya yang dapat kita gunakan. Hal ini telah diberikan oleh Tuhan kepada kita. Salah satu prinsip dasar spiritualitas adalah bahwa kita menggunakan sumber daya ini untuk melayani Nya sebagai bagian dari praktik spiritual kita dan untuk tumbuh secara spiritual. Sumber daya yang kita miliki dapat di kategorikan secara luas:

1. Tubuh kita

2. Harta dan hubungan (koneksi) duniawi kita

3. Pikiran dan intelek (kecerdasan) kita

4. Indera ke enam kita

Mari kita lihat keempat aspek ini sedikit lebih rinci:

1. Tubuh kita

Melayani dengan tubuh kita berarti menggunakan tubuh kita untuk melayani Tuhan. Sebagai contoh:

  • Membersihkan tempat dan menyiapkanya untuk ceramah tentang spiritual.

  • Mengantar-jemput seekers (para pencari Tuhan) ke tempat tersebut
  • Memasang poster-poster untuk mengiklankan ceramah tentang spiritual.

 

2. Harta dan hubungan (koneksi) duniawi kita

Contoh dari melayani Tuhan dengan mempersembahkan harta dan koneksi duniawi adalah:

  • Membayar untuk tempat di mana ceramah spiritual akan diadakan

  • Mengatur untuk mengadakan ceramah spiritual di lembaga atau institusi yang terkait dengan kita

 

3. Pikiran dan intelek kita

Menggunakan pikiran dan intelek (kecerdasan) kita adalah tentang menggunakan proses kreatif dan intelektual kita untuk melayani Tuhan. Contoh-contoh dari hal ini termasuk:

  • Menggunakan kecerdasan kita untuk belajar Spiritualitas, mempraktikkan nya dan kemudian memberitahu orang lain tentang hal itu
  • Menggunakan ketrampilan menulis kita untuk menyebarkan Spiritualitas dengan menulis artikel-artikel tentan Spiritualitas.
  • Membantu dalam menjaga catatan-catatan dan administrasi dari suatu peristiwa

 

4. Indera ke enam kita

Sebagian dari kita telah diberkati dengan indera keenam sejak usia dini. Hal ini disebabkan dari praktik spiritual dari kelahiran sebelumnya atau sejak kelahiran ini. Tanggung jawab terletak pada kita untuk menggunakan nya dan hanya untuk memfasilitasi pertumbuhan spiritual dalm diri kita dan orang lain. Penggunaan indera ke enam kita perlu berada di bawah bimbingan seorang Guru Spiritual.

Ringkasnya, hal-hal di bawah ini dapat direnungkan di dalam pikiran:

  • Dengan secara konsisten mempersembahkan apa yang kita miliki untuk melayani Tuhan sebagai praktik spiritual, kita tumbuh secara spiritual.

  • Bahkan jika seseorang tidak memiliki harta kekayaan atau intelek yang tinggi ia masih dapat mempersembahkan tubuhnya dalam pelayanan kepada Tuhan dan dengan demikian tumbuh secara spiritual.

  • Ke empat macam pemberian yang disebutkan di atas tidak saling mempengaruhi. Jika sesorang mempunyai intelek yang bagus dan pengertian yang kuat tentang Spiritualitas, dia mungkin cendrung hanya mempersembahkan intelek nya saja. Namun prinsipnya adalah tentang ‘menawarkan semua apa yang dimiliki’. Karena orang tersebut memiliki tubuh dan juga mungkin beberapa kekayaan, ia sebaiknya menawarkan hal tersebut berserta dengan inteleknya.

  • Dari semua pemberian, pikiran dan intelek adalah yang paling unggul karena dengan media/ perantara tersebut sesorang dapat membantu orang lain untuk mengerti dan memulai praktik Spiritual.