Manfaat dari menyebut dan mengulang Nama Tuhan

 

Untuk memahami artikel ini, kami menyarankan agar anda membaca dahulu presentasi:

1. Manfaat-manfaat dari menyebut dan mengulang-ulang Nama Tuhan – Sebuah pengantar

Sejumlah kaum Suci (Saints) telah menjelaskan pentingnya menyebut dan mengulang-ulang Nama Tuhan (Chanting). Menyebut dan mengulang-ulang berarti mengulangi Nama Tuhan. SSRF menegaskan menyebut dan mengulang Nama Tuhan sebagai dasar/ fondasi dari’latihan spiritual’. Hal ini disebabkan karena menyebut dan mengulang Nama Tuhan merupakan ‘latihan spiritiual’ yang paling kondusif untuk waktu saat ini. Hal ini menjadi lebih kuat ketika dilakukan secara mental (di dalam hati) dibandingkan ketika diucapkan dengan keras.

Pentingnya menyebut dan mengulang Nama Tuhan: Pikiran bawah sadar membawa jutaan impresi-impresi/ kesan-kesan. Untuk menghapus bahkan satu impresi saja akan memakan waktu yang lama. Oleh sebab itu, periode waktu yang cukup lama akan terbuang dalam mengatasi tendensi-tendensi dari pikiran bawah sadar dengan mengikuti larangan-larangan dan regulasi. Maka, jauh lebih penting untuk membuat upaya-upaya terus-menerus untuk menyatu dengan Mahkluk Absolut (Tuhan YME) dibandingkan dengan mencoba dan menghapus kesan-kesan tersebut dari pikiran yang muncul dari sifat dasar kita. Inilah tepatnya apa yang bisa dicapai dengan menyebut dan mengulang-ulang Nama Tuhan. Pikiran, akal budi (intelek), pikiran bawah sadar, semuanya merupakan konstituen/ usnur dari sifat dasar kita dan berfungsi sesuai dengan karakteristik mereka masing-masing. Daripada seseorang menghabiskan ‘latihan spiritual’ nya dengan menahan impresi/ kesan-kesan tersebut, ia akan mencapai tujuan spiritual nya lebih cepat jika ‘latihan’ itu digunakan untuk maju ke arah prinsip Tuhan YME dengan menjadi satu dengan Nama Tuhan yang ia sebut dan ulangi. – Yang Mulia Bhaktaraj Maharaj

2. Manfaat-manfaat halus (dimensi spiritual) dari menyebut dan mengulang-ulang Nama Tuhan

Gambar berdasarkan pengetahuan halus (dimensi spiritual) berikut ini telah dilukis oleh Ibu Yoya Valle, seorang ‘pencari Tuhan’ dari SSRF dengan menggunakan indera keenam yang mendalam. Yoya memiliki suatu kemampuan untuk melihat ke dalam dimensi spiritual dan melukis gambar-gambar dimensi spiritual sebagai bagian dari latihan spiritualnya dan pelayanan kepada Kebenaran Hakiki (satsēvā). Gambar-gambarnya kemudian diverifikasi oleh Yang Mulia Dr. Athavale untuk ketepatannya.

Gambar di bawah ini menunjukkan manfaat-manfaat halus dari menyebut dan mengulang-ulang Nama Tuhan.

Dari gambar halus (dimensi spiritual) di atas kita dapat memahami hal-hal berikut ini:

  • Suatu lingkaran dari emosi/ perasaan spiritual (bhāv) teraktivasi pada Chakra jantung (Anāhatchakra)
  • Suatu aliran dari Prinsip Dewa-Dewi tertarik ke arah Chakra alis (Ādnyā-chakra), yang berlokasi di daerah alis.
  • Suatu aliran dari Kesadaran Ilahi (Chaitanya) tertarik ke arah orang yang sedang menyebut dan mengulang-ulang Nama Tuhan.
  • Suatu lingkaran dari Energi Ilahi (Shakti) terbentuk di sekitar Chakra Adnya.

Oleh sebab itu dengan menyebut dan mengulang Nama Tuhan, kita mendapatkan manfaat dari tertariknya frekuensi-frekuensi halus (dimensi spiritual) yang dihasilkan dari Nama Tuhan.

3. Manfaat-manfaat medis, psikologis dan spiritual dari menyebut dan mengulang-ulang Nama Tuhan

Mennyebut dan mengulang-ulang membawa bagi ktia banyak manfaat medis, psikologis dan spiritual. Pada tahap-tahap awal ‘latihan spiritual’, mungkin sulit untuk mengenal manfaat yang kita peroleh dari menyebut dan mengulang-ulang Nama Tuhan. Pada tahap-tahp berikutnya pun, mengetahui manfaat-manfaat dari menyebut dan mengulang Nama Tuhan dapat memulihkan keyakinan kita setelah kita mengalami manfaat-manfaat tersebut.

Jika kita menyebut dan mengulang Nama Tuhan dengan niat untuk mencapai tujuan dasar hidup manusia yaitu untuk membuat kemajuan spiritual, kita akan mencapai tujuan kita dan juga mengalami manfaat-manfaat lainnya dari menyebut dan mengulang Nama Tuhan.