Cara menghentikan pikiran negatif

1. Pengantar pada pikiran negatif

Bisakah Anda melihat diri Anda dalam pemikiran di bawah ini?

  • Saya memutar ulang sebuah kejadian di benak saya ketika sedang merenung (kebanyakan pada bagian yang tidak menyenangkan).
  • Saya selalu berpikir tentang masa depan mencoba memanipulasi hasilnya dalam situasi tertentu.
  • Saya perlu pengakuan atau persetujuan dari orang-orang tertentu untuk bahagia.
  • Saya merasa kesal dan menyalahkan orang lain ketika hal-hal tidak berjalan sesuai keinginan saya.
  • Hanya ketika seseorang bertindak dengan cara tertentu saya akan merasa nyaman dengan diri sendiri.
  • Saya memiliki ide tentang masa depan, citra diri saya dan jika hal itu tidak berjalan sesuai rencana maka saya merasa kecewa setiap saat.

Kita mungkin dapat menghubungkan beberapa pemikiran ini dengan berbagai tingkat intensitas.

Pikiran negatif yang tak henti-hentinya sering membuat masalah lebih besar daripada yang ada di pikiran kita, sehingga merampas kebahagiaan dan kedamaian pikiran kita. Proses berpikir seperti itu menjadi resep yang mudah untuk berpikir negatif, yang menarik kita ke dalam depresi, kecemasan, dan harga diri yang rendah. Ketika bergumul dengan pikiran negatif seperti itu, kita mulai bertanya-tanya apakah ada cara yang lebih efektif untuk mengatasinya selain kemauan keras belaka. Banyak pembicara motivasi dan panduan membantu-diri-sendiri mempertahankan bahwa berpikir positif adalah sebuah pilihan, tetapi jarang terasa sesederhana itu. Untuk mengatasi pemikiran negatif, psikoterapis fokus pada kapasitas seseorang untuk mengubah diri mereka sendiri (pikiran, perasaan dan perilaku mereka); namun, ini tidak membahas masalah yang lebih luas yang seringkali memiliki dampak signifikan pada kesehatan dan kesejahteraan seseorang.

2. Definisi dari pikiran negatif

Ada berbagai definisi pemikiran negatif; berikut ini adalah salah satu definisi tersebut.

Pikiran negatif adalah kognisi tentang diri, orang lain, atau dunia pada umumnya yang ditandai oleh persepsi negatif, harapan, dan atribusi yang dikaitkan dengan emosi yang tidak menyenangkan juga perilaku, fisiologis, dan kesehatan yang merugikan (Hawkley, 2013).

Berikut ini adalah perspektif seorang Suci tentang pemikiran negatif:

Pikiran negatif cenderung mempengaruhi pikiran secara luas. Tidak ada kebahagiaan dalam hidup kecuali memiliki pikiran yang sehat. Dengan kata lain, berpikir negatif menghilangkan sukacita hidup. Hal itu membuat pikiran lemah, dan menghasilkan akhir dari optimisme dalam hidup, sehingga membuat hidup seseorang tidak bahagia dan tanpa tujuan. ‘- Yang Mulia (Ibu) Anjali Gadgil

3. Jenis-jenis pikiran negatif

Tidak semua pikiran negatif memiliki dampak yang kuat pada kita karena kita mungkin tidak mempercayainya. Mereka bisa cepat berlalu, yaitu mereka datang sebentar ke arus kesadaran kita dan pergi. Namun, untuk beberapa jenis pikiran negatif lainnya, pikiran kita dapat melayang ke dalam pola pikir yang berulang dan negatif tergantung pada kepribadian kita. Hal ini sering mengarah pada persepsi yang condong pada realitas. Terapi perilaku kognitif akan menyebutnya sebagai – Pikiran Negatif Otomatis (ANT). Pikiran Negatif Otomatis (ANT) adalah pemikiran yang bersifat negatif dan acak tentang diri seseorang.

Dr David Burns, seorang ahli terapi perilaku kognitif, telah mengidentifikasi beberapa pola pemikiran negatif yang sangat umum, yang tercantum di bawah ini (Burns, 1999).

No. seri Tipe-tipe pikiran negatif Penjelasan Singkat
1 Pemikiran semua atau tidak sama sekali Kita melihat hal-hal dalam kategori hitam dan putih. Jika kinerja kita gagal total, kita melihat diri kita sebagai kegagalan total.
2 Generalisasi berlebihan Kita melihat satu peristiwa negatif sebagai pola kekalahan yang tidak pernah berakhir.
3 Saringan mental Kita memilih satu detail negatif dan memikirkannya secara eksklusif, sehingga visi kita tentang kenyataan menjadi gelap, seperti setetes tinta yang mengubah segelas air.
4 Mendiskualifikasi hal positif Kita menolak pengalaman positif dengan bersikeras ‘tidak menghitungnya’ karena alasan apa pun. Dengan cara ini, kita dapat mempertahankan keyakinan negatif yang bertentangan dengan pengalaman kita sehari-hari.
5 Langsung ke kesimpulan Kita membuat interpretasi negatif meskipun tidak ada fakta pasti yang secara meyakinkan mendukung kesimpulan kita.
6 Membaca pikiran Kita secara sewenang-wenang menyimpulkan bahwa seseorang bereaksi negatif terhadap kita, meskipun kita tidak memiliki cukup bukti tentang pemikiran orang tentang kita. Selain itu, kita tidak mau repot-repot memverifikasinya.
7 Kesalahan peramal Kita mengantisipasi bahwa segala sesuatunya akan berubah menjadi buruk, dan kita merasa yakin bahwa prediksi kita adalah fakta yang pasti.
8 Magnifikasi (bencana) atau minimisasi Ketika kita mengambil kesalahan atau kekurangan kita dan membesar-besarkannya atau mengabaikan kekuatan atau kualitas kita dan orang lain.
9 Alasan-alasan emosional Kita berasumsi bahwa emosi atau perasaan negatif kita mendefinisikan realitas tentang bagaimana keadaannya, padahal sebenarnya mungkin berbeda. Saya merasakannya, karena itu pasti benar. Ini adalah kebiasaan membuat keputusan berdasarkan pada apa yang kita rasakan daripada bersikap objektif.
10 Pernyataan seharusnya Kita mencoba untuk memotivasi / menegur diri kita dengan ‘keharusan’ dan ‘tidak seharusnya’, ‘harus’ dan ‘harus dimiliki’. Konsekuensi emosionalnya adalah rasa bersalah. Ketika kita mengarahkan pernyataan ‘seharusnya’ kepada orang lain, kita merasakan kemarahan, frustrasi, dan kebencian.
11 Memberi label dan tanpa label Ini adalah bentuk ekstrim dari generalisasi Bukannya interospeksi kesalahan kita, menempelkan label negatif ke diri sendiri – “Saya pecundang”. Ketika perilaku orang lain terhadap kita dengan cara yang salah, kita menempelkan label negatif padanya.
12 Personalisasi Personalisasi adalah ketika seseorang percaya bahwa segala sesuatu yang orang lain lakukan atau katakan adalah semacam reaksi langsung dan personal kepada mereka. Mereka mengambil segalanya secara pribadi, bahkan ketika sesuatu tidak dimaksudkan dengan cara itu.

Kami telah mengembangkan cara mengatasi pola pikir negatif di Bagian 6 (solusi spiritual).

4. Akibat dari pikiran negatif

Berpikir negatif dapat melemahkan orang yang menderita karenanya. Ini sering juga mempengaruhi orang-orang di sekitarnya. Di bawah ini adalah beberapa dampak dari pemikiran negatif :

  • Mempengaruhi kesehatan fisik dan mental
  • Ini berdampak buruk pada hubungan kita.
  • Pemikiran negatif mematahkan semangat dan tekad kita untuk tumbuh secara positif.
  • Pikiran negatif yang berlebihan dapat menyebabkan kecemasan parah atau depresi klinis, pemberontakan, dan dalam kasus-kasus ekstrem mengarah pada melukai diri sendiri atau bahkan merugikan orang lain. Sesuai statistik WHO, lebih dari 300 juta orang dipengaruhi oleh depresi di seluruh dunia (WHO, 2018) sementara sekitar 800.000 orang meninggal karena bunuh diri secara global setiap tahun (1 kematian setiap 40 detik) (WHO, 2019).
  • Pikiran negatif memiliki dampak langsung pada peningkatan penyakit psikosomatik yang mengarah ke beberapa penyakit kronis termasuk penyakit kardiovaskular, diabetes, obesitas, asma, epilepsi dan kanker.
  • Dapat menyebabkan gangguan kecil dalam fungsi sehari-hari. Namun, dalam kasus-kasus ekstrem, ini dapat meningkat menjadi ketidakmampuan pribadi, sosial dan gangguan pekerjaan dan bahkan kematian dini.

5. Akar penyebab pikiran negatif

Melalui penelitian spiritual, kami telah menemukan bahwa hingga 90% penyakit mental dapat memiliki akar penyebabnya dalam dimensi spiritual. Faktor fisik dan psikologis sebagai penyebab utama penyakit mental biasanya kurang proporsional dibandingkan dengan faktor spiritual. Inilah alasan mengapa sering kali terlepas dari semua bantuan fisik dan psikologis yang tersedia, orang tidak dapat mengembangkan pola pikir positif. Memahami dan mengakui penyebab sebenarnya dari pikiran negatif adalah langkah pertama menuju pencapaian perubahan positif yang berkelanjutan.

Sesuai penelitian spiritual, pikiran negatif dapat disebabkan oleh penyebab fisik, psikologis, dan atau akar spiritual seperti yang disebutkan dalam sub-bagian berikut. Tabel berikut memberikan uraian dari akar penyebab pikiran negatif.

Akar penyebab %
Fisik 20
Psikologis 30
Spiritual 50
Total 100

Sumber: Riset Spiritual ー 09 September 2019

Dalam kasus pemikiran negatif yang ekstrem, kemungkinan besar proporsi komponen spiritual dari akar permasalahan lebih besar dari 50%.

5.1 Akar penyebab psikologis

Yang Mulia Dr Athavale adalah mantan hipnoterapis klinis terkenal dengan hampir 40 tahun pengalaman dalam penelitian gabungan dalam hipnoterapi klinis dan penelitian spiritual ke dalam pikiran.

Menurut temuan penelitian-Nya, pikiran negatif datang dari kesan cacat kepribadian (seperti kemarahan, ketakutan, kecemburuan, emosionalisme, rasa tidak aman, penilaian, pemikiran negatif, dll) dalam pikiran bawah sadar. Kesan-kesan ini terus menerus mengirimkan impuls dalam bentuk pikiran ke pikiran sadar. Keadaan pikiran sadar kita ditentukan oleh impuls-impuls ini dan kita mengalami kenegatifan atau bertindak secara tidak benar.

5.2 Akar penyebab spiritual

Menurut ilmu pengetahuan modern, kecemasan berat atau depresi klinis dapat disebabkan karena faktor biologis dan psikologis, seperti respons terhadap perubahan hidup yang tiba-tiba dan besar, penyebab genetik, penyalahgunaan zat, penyakit obat-obatan, dll (mayoclinic.org, 2019).

Namun, melalui penelitian spiritual, kami telah menemukan bahwa kegelisahan yang parah dan depresi klinis lebih mungkin disebabkan karena alasan spiritual. Ini juga menjelaskan mengapa psikiater hanya mampu mendapatkan penyembuhan simptomatik, yang tidak permanen karena akar masalahnya tidak ditangani. Dengan demikian, masalah muncul kembali atau kembali kambuh.

Penyebab utama untuk pikiran negatif juga adalah spiritual. Kekuatan, durasi dan frekuensi pikiran negatif dapat diperburuk sebagian besar karena faktor spiritual. Selanjutnya adalah faktor spiritual yang utama dapat menjadi penyebab dari pikiran negatif.

Energi Negatif

  • Energi negatif dapat mempengaruhi seseorang dari luar atau juga mengendalikan seseorang. Mereka dapat mengambil kendali atas tubuh, pikiran, dan kecerdasan seseorang, terutama ketika ia rentan secara spiritual.
  • Orang-orang yang memiliki lebih banyak cacat kepribadian dan ego yang lebih tinggi lebih cenderung menjadi sasaran energi negatif, karena mereka tertarik pada orang-orang dengan cacat dan ego yang serupa.
  • Energi negatif juga dapat melipatgandakan masalah – misalnya, jika seseorang memiliki pemikiran tentang kemarahan, maka energi negatif dapat melekat padanya. Energi negatif dapat memperbesar dan membuat pikiran seperti itu berulang dalam pikiran untuk membuat orang itu bereaksi secara tidak proporsional

Catatan: Baca lebih lanjut tentang bagaimana energi negatif membahayakan orang melalui pikiran.

Takdir dan akun memberi dan menerima

Ketika orang memiliki akun memberi dan menerima yang negatif satu sama lain, itu juga dapat menciptakan pikiran negatif. Juga, jika seseorang memiliki takdir yang parah, mereka dapat memiliki proporsi pikiran negatif yang lebih tinggi. Takdir adalah salah satu alasan utama mengapa orang mengalami ketidakbahagiaan dalam hidup. Melalui penelitian spiritual ditemukan bahwa 98% kepribadian kita terbentuk dari kesan dalam pikiran bawah sadar kita yang telah dibawa dari berbagai kehidupan masa lalu.

Catatan: Baca lebih lanjut tentang takdir di sini

Leluhur yang telah meninggal

Tubuh halus roh leluhur yang tidak puas dari akhirat sering mempengaruhi keturunan mereka. Ini bisa disebabkan oleh berbagai alasan. Memiliki pikiran negatif yang berlebihan dapat menjadi gejala masalah yang disebabkan oleh leluhur yang telah meninggal.

Baca lebih lanjut: Apa masalah leluhur?

Pengaruh bulan pada pikiran kita

Selama ribuan tahun pandangan populer bahwa bulan dapat mempengaruhi kondisi mental manusia. Penelitian spiritual yang dilakukan oleh SSRF tentang efek bulan pada jiwa manusia menegaskan pandangan ini. Ini khususnya terjadi pada bulan purnama dan malam bulan baru, di mana ada peningkatan dalam pikiran negatif dan perilaku yang tidak menentu.

5.2.1 Pikiran negatif – Apa dampaknya dalam dimensi halus?

Ada para seeker dalam tim penelitian spiritual kami yang dapat merasakan getaran halus yang dipancarkan oleh orang dan benda. Mereka memiliki kemampuan untuk menerima pengetahuan Ilahi dalam format visual melalui indra keenam tingkat lanjut. Gambar-gambar ini mirip dengan sinar-X spiritual dan memberikan gambaran
sekilas tentang dimensi spiritual kepada masyarakat luas..

Pada gambar di bawah ini, proses halus tentang bagaimana pikiran negatif memengaruhi seseorang disajikan.

Berikut ini adalah penjelasan singkat tentang proses halus yang terjadi ketika seseorang memiliki pikiran negatif. Pertama, seseorang dengan ego yang lebih tinggi mudah mendapatkan pikiran negatif. Ini karena dia lebih memikirkan untuk memuaskan egonya. Ini meningkatkan emosi dalam dirinya. Ketika ini terjadi, hal itu berdampak buruk pada chakra-Adnya orang tersebut dan pemikirannya menjadi terganggu. Ada reaksi berantai di mana energi menyusahkan yang diciptakan dalam satu pikiran akan ditransfer ke semua pikiran lainnya. Hal ini pada gilirannya menarik energi negatif kepada orang tersebut yang mengakibatkan semakin meningkatnya energi yang tidak menyenangkan di sekitar tubuhnya dan daerah di sekitar kepalanya. Orang tersebut terjerumus dalam pikiran negatif sekaligus menjadi tidak sadar akan sekelilingnya. Pikiran negatif mulai membentuk realitasnya.

6. Solusi untuk mengatasi pikiran negatif

Fisik

Solusi seperti latihan, minum obat (sesuai kebutuhan), teknik relaksasi pernapasan, mendengarkan musik yang menenangkan, mengatur daftar hal yang harus dilakukan, menjalani aktifitas pagi yang sehat, dll. benar-benar membantu melibatkan pikiran secara positif. Namun, karena pikiran negatif terkait dengan pikiran, solusi fisik lebih merupakan gangguan dibandingkan dengan solusi yang komprehensif.

Psikologi

Beberapa solusi psikologis populer yang berbeda termasuk afirmasi, melatih perhatian, mencari bantuan profesional dari psikiater, dll. Terapi Perilaku Kognitif (CBT) juga digunakan secara luas dan termasuk mempertahankan pikiran harian seseorang dan kemudian mengganti pikiran negatif dengan afirmasi positif. Namun, afirmasi memiliki keterbatasan. Kami telah membahas hal ini dalam artikel kami – Autosugestion vs. afirmasi.

Spiritual 

Latihan spiritual dan terapi spiritual adalah alat ampuh untuk mengatasi pikiran negatif, terutama di mana akar penyebabnya adalah spiritual. Latihan spiritual menghasilkan energi spiritual positif, yang membantu melindungi dari energi negatif dan meniadakan nasib buruk. Untuk mengatasi pikiran negatif, latihan berikut disarankan.

  1. Chanting: chanting ‘Shri Gurudev Datta’ membantu mengatasi pikiran negatif, terutama dalam kasus masalah leluhur. Bersamaan dengan ini sesuai dengan zaman sekarang, juga dianjurkan untuk mengucapkan chanting Om Namo Bhagawate Vasudevaya ’untuk melawan semua bentuk pikiran negatif termasuk yang bersifat ekstrem
  2. Pembersihan Kekurangan Kepribadian sebagai langkah latihan spiritual : Y.M. Dr Athavale mempelopori Proses Personality Defect Removal (PDR). Proses PDR membantu menghilangkan kesan cacat kepribadian di pikiran bawah sadar. Hal ini membersihkan pikiran bawah sadar (yang merupakan 90% dari pikiran). Dalam proses PDR, insiden yang tepat atau pikiran negatif ditangani melalui Auto Sugesti, yang dibuat personal dan dibuat khusus untuk individu. Di bawah ini kami telah memberikan berbagai saran untuk mengatasi berbagai pola pikiran negatif yang telah diidentifikasi oleh Dr. David Burns.
  3. Terapi Air Garam: Terapi 15 menit ini adalah cara yang efektif untuk menghilangkan energi hitam yang sangat sering menjadi sumber pikiran negatif. Baca lebih lanjut tentang – Terapi Air Garam.

7. Kesimpulan

Bertarung dengan pikiran negatif bisa sangat mengecewakan dan melelahkan. Di Pusat Penelitian Spiritual, kami benar-benar memahami kesulitan anda dan ingin berbagi dengan anda bahwa anda tidak sendirian. Pengalaman kami bahwa sebagian besar populasi dunia menderita pikiran negatif pada suatu masa dalam kehidupan mereka. Alasan mengapa pikiran negatif tampak begitu sulit untuk diatasi adalah karena kebanyakan orang mencoba mengatasi masalah hanya dengan solusi fisik dan psikologis. Namun, ini kurang efektif ketika masalahnya bersifat spiritual (yang paling besar setiap saat). Dengan mempraktikkan langkah-langkah spiritual yang telah kami sarankan, anda akan menemukan peningkatan yang pasti dalam kondisi mental anda dan kualitas hidup anda.

8. Bibliografi

Burns, D. D., 1999. Feeling Good: The New Mood Therapy. New York: HarperCollins Publishers Inc.
Hawkley, L. C., 2013. Negative Thoughts. [Online]
Available at: https://link.springer.com/referenceworkentry/10.1007%2F978-1-4419-1005-9_1563 [Accessed 16 07 2019].