Maju dari banyak menuju ke satu

Dampak dari usaha-usaha kita akan jauh lebih kuat ketika kita mengkonsentrasikan usaha kita pada salah satu hal daripada banyak.

Mana yang lebih efektif?

  • Menggali satu sumur untuk mengakses (mendapatkan) air 10 meter dalamnya atau menggali 10 sumur dengan kedalaman masing-masing 1 meter.

  • Mengumpulkan poin frequent flyer (bonus penerbangan dari maskapai sesuai jarak terbang) dari bermacam-macam maskapai penerbangan atau setia pada satu maskapai saja.

Berikut ini adalah bagaimana prinsip ini bekerja tergantung kepada berbagai jenis jalan yang umum menuju Tuhan.

Jalan Aksi (Karma Yoga): Pada tahap awal, seorang seeker (pencari Tuhan), memberikan sedekah kepada beberapa pengemis. Pada tahap berikutnya, ia memusatkan usaha-usaha nya pada satu tujuan seperti sumbangan ke satu sekolah atau satu rumah sakit.

Jalan Pengetahuan (Dnyānyoga): Setelah mempelajari teks-teks spiritual dari berbagai filsafat new age (zaman baru) sampai ke teks-teks keagamaan, seorang seeker akhirnya berpaling ke salah satu yang memiliki persentasekebenaran spiritual terbesar di dalamnya.

Jalan Devosi (Bhakti Yoga): Seorang seeker berkembang dari memuja bermacam-macam Dewata ke hanya salah satu, pergi ke salah satu tempat ziarah daripada banyak, membaca salah satu buku dari ayat-ayat Suci daripada banyak.

Jalan mengucap dan merepetisikan (mengulang) Nama Tuhan (Nāmsankīrtanyoga): Di sini, para pencari Tuhan/ mengucap dan merepetisikan Nama salah satu Dewata/ Tuhan dan bukan banyak.

Jalan Rahmat./Karunia Guru (Gurukrupāyoga): Setelah mengunjungi beberapa orang-orang Suci, seorang seeker / pencari Tuhan akhirnya mengunjungi hanya satu Guru. Terlepas dari jalan Spiritualitas yang diikuti seseorang, kemajuan spiritual tidak benar-benar terjadi di luar tingkat tertentu tanpa rahmat/ karunia seorang Guru