Apakah seseorang harus meninggalkan latihan spiritual yang sudah dilakukan untuk mulai menyebut dan mengulang Nama Tuhan

Yayasan Penelitian Ilmu Pengetahuan Spiritual (SSRF) merekomendasikan menyebut dan mengulang Nama Tuhan YME sebagai dasar dari latihan spiritual seseorang. Namun beberapa pembaca kami mungkin menemukan hal ini sulit untuk diadopsi terutama jika mereka telah melakukan beberapa bentuk latihan spiritual.
Alasan – alasannya mungkin termasuk:

  • Kesukaan atas jenis latihan spiritual tertentu mereka seperti persembahan ritual, pembacaan ayat-ayat Suci, membaca teks Suci, mengunjungi kuil, masjid atau gereja, melakukan meditasi atau yoga, dll

  • Berpikir bahwa mereka harus menghentikan bentuk latihan spiritual mereka saat ini untuk mulai menyebut dan mengulang Nama Tuhan YME sebagai suatu latihan spiritual.

  • Resistansi dalam mengeksplorasi sesuatu yang baru.

Berikut ini adalah saran-saran kami kepada para pembaca dalam kasus seperti di atas:

  • Menambah/ memperkuat latihan spiritual apapun: Untuk memulai menyebut dan mengulang Nama Tuhan, seseorang tidak harus melepaskan latihan spiritual nya saat ini, tetapi kenyataannya, dapat memperkuat latihan spiritualnya dengan menyebut dan mengulang Nama Tuhan.

  • Meningkatkan latihan spiritual saat ini: Hal ini merupakan pengalaman dari banyak ‘pencari’ bahwa menyebut dan mengulang Nama Tuhan, ternyata telah meningkatkan latihan spiritual mereka saat ini secara kuantitatif. Misalnya, para pencari telah memperhatikan tingkat konsentrasi dan devosi yang lebih besar ketika menyebut dan mengulang Nama Tuhan pada saat melakukan persembahan ritual, mempelajari teks-teks Suci, meditasi, dll

  • Kontinuitas dalam praktek spiritual: Kontinuitas dalam praktek spiritual sangatlah penting bagi pertumbuhan spiritual. Kontinuitas dalam latihan spiritual dapat dicapai paling baik dengan menyebut dan mengulang Nama Tuhan. Karena seseorang bisa menyebut dan mengulang secara mental, maka hal itu dapat dilakukan kapan saja, di mana saja dan bahkan pada saat melakukan kegiatan-kegiatan lainnya. Oleh sebab itu, hal tersebut membantu seseorang untuk mempertahankan kontinuitas dalam bentuk latihan spiritual apa pun yang diikutinya saat ini. Di mana menyebut dan mengulang Nama Tuhan secara teratur dan terus menerus:

    • Memberi hasil dalam mencapai ketenangan pikiran sehingga memberi manfaat bagi seseorang, baik di tingkat mental maupun fisik.

    • Selanjutnya memfasilitasi pengembangan iman dan devosi sehingga bertindak sebagai penyembuh spiritual.

  • Direkomendasikan untuk era saat ini: Menurut ilmu spiritualitas, menyebut dan mengulang Nama Tuhan sesuai agama seseorang dilahirkan adalah dasar dari praktik spiritual yang direkomendasikan di era saat ini yaitu Era Perselisihan (Kaliyug). Oleh sebab itu, para pencari yang sudah melakukan beberapa bentuk latihan spiritual dianjurkan untuk memulai latihan spiritual menyebut dan mengulang Nama Tuhan sebagai suatu alat untuk memperkuat latihan spiritual mereka saat ini. Mengacu pada prinsip dasar ke-5 dari latihan spiritual .

  • Tambahan manfaat: Setelah seseorang mencoba sesuatu yang baru untuk beberapa waktu, barulah mereka dapat melihat apakah hal itu memberikan manfaat bagi mereka. Jika tidak seseorang mungkin melewatkan suatu kesempatan yang baik untuk memperkuat praktik spiritual mereka.