Spiritualitas dalam hidup | Sebuah panduan untuk hidup sattvik 

Pembaca yang terhormat,

Pada bagian ini kami menggali berbagai aspek dalam menerapkan prinsip-prinsip hidup Sāttvik (Spiritualitas) dalam kehidupan kita sehari-hari. Dalam hal ini, diperlukan untuk mengenal artikel tentang 3 komponen dasar halus untuk memahami bagian ini.

Pentingnya gaya hidup sattvik tidak dapat diabaikan. Sama seperti unsur-unsur fisik lainnya seperti angin, cuaca, polusi, dll yang mempengaruhi kita setiap hari, sama halnya frekuensi-frekuensi spiritual yang dipancarkan dari lingkungan sekitar dan kegiatan-kegiatan yang kita lakukan juga mempengaruhi kita. Meskipun kebanyakan orang tidak dapat melihat frekuensi-frekuensi spiritual/ halus tersebut karena disebabkan kurangnya kemampuan indra keenam, namun frekuensi tersebut secara halus tetap mempengaruhi kita sepanjang waktu pada tingkatan fisik, psikologis dan spiritual.

Tabel di bawah ini akan menjelaskan konsep ini sedikit lebih jelas. Tabel ini menunjukkan berbagai kegiatan dan contoh  lingkungan sekitar yang menguntungkan atau tidak menguntungkan.

Kegiatan

Menguntungkan

Tidak menguntungkan

Studi

Lingkungan yang tenang

Lingkungan yang bising

Olah raga

Lingkungan yang tidak berpolusi

Lingkungan yang berpolusi

Menjalankan usaha yang sukses

Lingkungan dengan perekonomian yang baik

Kurangnya hukum dan tata tertib

Latihan spiritual

Lingkungan yang Sattvik

Lingkungan yang Rajasik atau Tamasik

Hidup secara menyeluruh dan seimbang

Lingkungan yang Sattvik

Lingkungan yang Rajasik atau Tamasik

Kenyataannya, semua lingkungan-lingkungan yang menguntungkan untuk aktivitas yang baik harus memiliki beberapa unsur sattvikta. Sedangkan lingkungan yang bising akan memiliki elemen komponen dasar halus raja dan tama yang lebih tinggi. Semakin tinggi sattvikta nya, semakin lingkungan tersebut menguntungkan untuk kesejahteraan holistik dan pengembangan yang berkesinambungan. Dengan demikian, semua lingkungan yang tidak menguntungkan untuk aktifitas yang baik memiliki elemen-elemen raja dan tama.

Melalui berbagai artikel di bagian ini, kami akan menunjukkan bagaimana kegiatan apapun dapat meningkatkan atau mengurangi sāttviktā dalam hidup kita dan oleh sebab itu masing-masing dari hal tersebut dapat meningkatkan atau mengurangi kualitas hidup kita. Bagian dari artikel ‘latihan spiritual ‘di situs SSRF ini adalah tentang menanamkan sattvikta secara internal yaitu memurnikan pikiran dan akal budi (intelek) kita dan bagian dari artikel ini adalah tentang menanamkan saattvikta dalam lingkungan eksternal kita.

Gaya hidup Rajasik dan Tamasik selalu sarat dengan ketidakbahagiaan, pengharapan-pengharapan dan kualitas eksistensi hidup yang lebih rendah.

Perlu untuk dicatat bahwa tidak hanya satu aktivitas saja yang membangun atau menghancurkan sattvikta tetapi setiap kegiatan juga semakin menambah atau mengurangi sattvikta.

Dalam beberapa kasus kami telah menyajikan percobaan/ eksperimen dimensi spiritual (halus) untuk menguji indra keenam anda bersamaan dengan pembahasannya (materi dari teori). Dalam kasus tersebut mohon dilakukan percobaan sebelum membaca teorinya.

Salam hangat dan berharap yang terbaik bagi anda semua dalam perjalanan spiritual

Tim SSRF